Universitas Prasetiya Mulya adalah institusi pendidikan yang diakui secara nasional maupun internasional. Dengan fondasi yang kuat dalam bidang bisnis, universitas ini telah melahirkan banyak pemimpin bisnis sukses yang telah memainkan peran penting dalam mengembangkan perekonomian Indonesia. Universitas Prasetiya Mulya didirikan tahun 1982 sebagai pusat pembelajaran bagi para wirausahawan, profesional dan peneliti bisnis. Visi Universitas Prasetya Mulya adalah sebagai penggerak dalam pemajuan ilmu pengetahuan, pembentukan dan penumbuhan usaha yang inovatif dan unggul melalui pendidikan, penelitian dan pelatihan dalam bidang ilmu bisnis, sosial dan STEM untuk kemajuan dan kesejahteraan Bangsa Indonesia.
Salah satu wujud program nyata Universitas Prasetiya Mulya dalam mendidik dan membentuk mahasiswa untuk dapat peka dalam lingkungan sosial, mampu mengasah kerjasama tim dan berpikir inovatif dalam rangka mewujudkan karakter Prasmulyan lewat cara yang praktikal adalah Program Community Development (ComDev). Program ComDev ini merupakan program project-based, mahasiswa akan secara langsung terlibat mendampingi pelaku usaha (UMKM), mendiskusikan permasalahan yang dialami oleh pelaku usaha dan mencari solusi yang memberikan nilai tambah sehingga usaha UMKM pun dapat naik kelas dan semakin berkembang.
Milimilk – Susu Segar salah satu yang UMKM yang beruntung mendapat kesempatan untuk terlibat dalam kegiatan ComDev Universitas Prasetiya Mulya. 8 Mahasiswa lintas jurusan, tergabung dalam 1 tim ComDev dengan dibimbing 2 dosen, selama 6 bulan dari awal tahun 2023 ini berinteraksi dan berdiskusi dengan Milimilk – Susu Segar untuk mendalami profile usaha dan memetakan hal-hal yang bisa dikembangkan. Berdasarkan hasil diskusi Tim ComDev dengan Milimilk – Susu Segar akhirnya tersusun beberapa target yang akan menjadi fokus program ComDev :
- Optimalisasi Konten Media Sosial
- Peningkatan Brand Awareness melalui Iklan Media Sosial
- Riset Pasar dan Sampling sebagai sarana menjaring inputan Konsumen
- Penguatan (kapasitas) Produksi
- Upgrade sistem pencatatan administrasi dengan digitalisasi
Prioritas pertama program ComDev adalah pada optimalisasi Media Sosial yang dimiliki oleh Milimilk – Susu Segar untuk meningkatkan Brand Awareness sesuai dengan segment pasar yang dituju. Milimilk – susu segar memiliki 3 segment konsumen, yaitu konsumen akhir (retail), pelaku usaha susu skala kecil dan Institusi (perusahaan) untuk program suplemen susu karyawan. Program optimalisasi media sosial ini dilakukan dengan membuat konten-konten edukatif (baik dalam bentuk image visual maupun video) mengenai susu segar dan manfaatnya, serta melakukan iklan berbayar agar dapat menjangkau konsumen lebih luas dan spesifik (iklan instagram dan facebook). Prioritas kedua adalah melakukan sampling dan riset pasar untuk dapat menjaring informasi dan masukan dari konsumen agar dapat menjadi dasar untuk pengembangan produk. Program ini dilakukan di area BSD Tangerang. Prioritas program yang ketiga adalah penguatan internal Milimilk – susu segar, baik dalam kapasitas produksi maupun upgrade sistem pencatatan (administrasi) internal. Program ini bertujuan agar setelah program prioritas pertama dan kedua berjalan, secara internal Milimilk – susu segar mampu mengimbangi kapasitas produksinya sesuai dengan kebutuhan konsumen. Termasuk juga sistem pencatatan transaksi dan administrasi lainnya semakin dipermudah dengan digitalisasi, agar dikemudian hari data-data tersebut dapat diolah lebih lanjut untuk kebutuhan pengembangan.
6 Bulan sudah berjalan program ComDev Tim Universitas Prasetiya Mulya dengan Milimilk – Susu Segar. Program-program yang direncanakan juga sudah terlaksana dengan baik dan mendapat respon serta progres yang positif. 1 Pelaku UMKM dapat berkembang dan meningkatkan kelasnya, 8 Mahasiswa semakin terbentuk karakter Prasmulyan yang berintegritas dan menjunjung tinggi nilai pluralisme dengan orientasi sosial.